Friday 1 August 2014

Desert Dragon nest Guide (Indonesia Version) *Part 1

Desert Dragon Nest Guide: Tank Perspective


Written by chaose5 & v2seraph
Video Tutorial by v2seraph 

Flying Ship


Di stage awal ini semua anggota party berada pada sebuah kapal besar yang menuju tempat Desert Dragon Zakad , namun di tengah perjalanan di hadang oleh Sand worm hazard yang membawa bebrapa pasukan. Boss di stage ini ada 2 yaitu Lamia Queen Itaila dan Death Knight Ahmado.
Di stage ini sebenarnya cukup mudah kalian cukup membunuh ke 2 boss dan melindungi kapal dari pasukan pengebom kapal, jika gagal melindungi kapal dan kapal meledak otomatis semua party akan  mati. Dikapal ini ada 4 buah core yg harus di jaga dari serangan musuh agar kapal tidak hancur.

Bar di tengah layar merupakan HP dari kapal. yang mana Lizards akan memukul ke 4 buah core yg berada di 4 sudut dari kapal yang akan menyebabkan bar HP dari kapal berkurang secara bertahap. dan apabila bar Hp dari kapal habis maka akan muncul hitungan mundur 60 detik. Apabila boss belum berhasil dikalahkan sebelum hitungan mundur berakhir maka kapal akan hancur dan misi akan gagal (Party mati)

Lamia Queen Itaila


Tail Swipe:  serangan pepek bos nya  ekor lamia lumayan bessar damagenya untuk class yang memilki pertahanan kecil
Tornado:  mengeluarkan tornado yang arahnya luru ke depan
selain ke 2 skill di atas lamia tidak mempunya skill lain lagi, mungkin lamia hanya memukul biasa saja dan serangannya cukup mudah untuk di hindari
Death Knight Ahmado
Boss Skills:
Line Drive: menyerang lurus ke depan mengakibatkan stun/faint dan knockdown , jika terkena serangan ini player akan jatuh dan tidak bisa langsung berdiri kalian ahrus berhati-hati dengan serangan ini karena bisa langsung mati jika terkena full hit
Death Claw: mengeluarkan cakar ke 4 penjuru , serangan ini juga cukup berbahaya
Red Wave (~40 sec CD) : membuat pemain terpental pada saat death knight mulai melakukan skillini ( skill guardian force bisa mencegah pemain terpental jadi sangat di rekomendasikan membawa guardian daripada crusader) , kemudian tanda merah di depan death knight akan keluar di tanah yang merupakan area serangan selanjutnya yang damagenya cukup berbahaya , kalian punya beberapa detik untuk menjauh dari area merah sebelum meledak , serangan red wave ini acak meskipun sudah di provoke kemungkinan besar akan mengarah ke pemain lain.
skill boss pada saat HP 1x
Dark Typhoon (~50 sec CD): boss akan menancapkan senjatanya ke tanah kemudian menyebabkan pemain terpental (guardian force bisa mencegah pemain terpental ) dan kemudian akan muncul angin di sekitar boss yang akan menyedot semua pemain ,  kalian harus berlari menjauh karena jika terkena kalian akan terkena damage yang sangat besar dan kemungkinan besar bisa mati ,  damage bisa dkurangin dengan MR atau skill lainnya.

catatan : semua skill death knight hampir sama dengan skill di dungeon meteor kecuali skill red wave

1.sebelum masuk map ini bagi pemain ke 4 arah map yaitu di pojok kanan atas , kanan bawah ,  kiri atas, kiri bawah masing-masing 2 orang untuk menghadapi musuh yang muncul nantinya.
Desert Dragon nest Stage 1 Dragon Nest Indonesia
2.sebelum lamia muncul usahakan saint cast skill holy shield karena biasanya lamia akan menyerang salah satu anggota party sebelum di provoke.  Setelah lamia muncul MT harus memprovoke  lamia ke arah jam 12 (lihat mini map) sehingga lamia hanya mengarah ke MT dan DPS bisa menyerang dari belakang tanpa taku terkena serangan lamia.
3.Setelah HP 3x lamia akan teleport ke tengah dan tidak bisa di serang , kemudian akan muncul 4 lizard bomber di 4 penjuru yang akan meledak dalam hitungan beberapa detik, semua pemain harus ke posisi yang sudah di tentukan tadi karena jika gagal membunuh lizard maka kapal akan rusak dan jika ada banyak lizard yang meledak kapal akan hancur dan otomatis semua player akan mati
4.Ulangi proses di atas sampai HP lamia 1x bar , setelah HP lamia 1x tidak akan teleport ke tengah lagi tapi Death Knight akan muncul di arah jam 6 (lihat minimap) .
5. MT harus berpindah ke arah jam 6 lalu memprovoke death knight sehingga tidak mengarah ke pemain yang ada di arah jam 12 ,lalu  semua DPS di arah jam 12 harus cepat membunuh lamia dengan perlindungan MR priest karena sudah tidak ada MT lagi. DPS harus berhati2 dengan serangan red wave dari arah jam 6 bisa menjangkau dps yang ada di jam 12
6. Setelah Lamia mati DPS bisa mulai menyerang death knight dan pada saat hp 1.5x , 2 mino kan muncul fokus lah untuk membunuh mino sebelum hp death knight 1x.
7. setelah hp death knight 1x akan muncul lagi lizard , jika kapal masih utuh belum terkena ledakan lizard sama sekali cukup bunuh 1 atau 2 lizard saja kemudian fokus menyerang death knight , dan berhati hatilah pada hp 1x desth knight akan mengeluarkan skill Dark Typhoon , kalian wajib menjauh dari death knight setiap 45 detik agar mempunyai cukup tempat untuk berlari dari Dark Typhoon .
8. setelah membunuh Boss yang ke 2 kapal akan tiba di tempat yang cukup luas di sini kalian bisa memilih boss mana yang akan kalian hadapi selanjutnya
Setelah mengalah ke 2 boss  akhirnya kapal sampai di tempat yang cukup luas , di sini kalian bisa menggunakan mount/kuda dan memilih stage boss mana yang ingin kalian hadapi terlebih dahulu,stage yang bisa di pilih adalah Barren Mist Garden (phantom flowe ignius) , Storm Observatory (Storm Ruler Zuul) , Mushroom Rock Canyon (Canyon guardian Abdulla) Hazar’s Nest (Sand worm hazar) dan setelah kalian mengalahkan ke 4 boss tersebut 1 tempat lagi akan terbuka yaitu Dragon Shrine(Faithful Worshiper Kajif).




Boss di stage ini adalah phantom flowe ignius , boss di stage ini tidak bisa berjalan dan hanya terdiam di tengah map , meskipun hanya di tengah map bukan berarti stage ini mudah di selesaikan, di stage ini memiliki mekanik yang cukup rumit , stage ini dipenuhi dengan api & lava di sekeliling map jangan sampai tercebur di lava dan jangan sampai terkena api karana damage per detiknya lumayan sakit.
Setelah sukses di stage awal kini player akan masuk pada map yang cukup besar yang di tengahnya ada oasis tempat untuk memulihkan HP&MP , di sini party bisa menentukan stage mana yang akan di selesaikan terlebih dahulu yaitu Barren Mist Garden (phantom flowe ignius) , Storm Observatory (Storm Ruler Zuul) , Mushroom Rock Canyon (Canyon guardian Abdullah) Hazar’s Nest (Sand worm hazar) dan setelah kalian mengalahkan ke 4 boss tersebut 1 tempat lagi akan terbuka yaitu Dragon Shrine(Faithful Worshiper Kajif).
kali ini saya akan membahas stage Barren Mist Garden (phantom flowe ignius) , di stage ini sebenarnya cukup mudah karena boss tidak dapat bergerak jadi pemain tinggal menghafalkan semua gerakan/serangan boss , meskipun boss tidak dapat berjalan bukan berarti pemain bisa dengan mudah mengalahkannya , karena tidak dapat berjalan hampir semua skill boss merupakan serangan area yang sangat berbahaya.

Barren Mist Garden (phantom flowe ignius)
guide Desert Dragon nest Barren Mist Garden dragon nest indonesia

sebelum mengetahui lebih lanjut tantang boss , terlabih dahulu kalian juga harus  mengtahui apa saja yang ada di stage ini sehingga kalian nanti bisa mengetahui ke mana kalian harus berlari/menghindar:
basic skill
Roar (~20 sec CD) mendorong  anggota party yang terkena ke ara ujung map , sangat berbahaya karena jika terdorong ke arah luar berarri pemain akan mendarat di lava & jika tidak segera keluar pemain bisa mati kurang dari 5 detik , cara menghindarinya yaitu berada di belakang boss atau jika sudah terkan serangan ini jangan terburu buru menggunakan aerial evasion karena kalian masih bisa terdorong terus , tunggu sampai karakter berada di udara tepat di atas lava baru lakukan aerial evasion. jika memiliki guardian biasanya akan lebih aman karena guardian force bisa mencegah karakter terdorong ke lava meskipun berada tepat di depan boss.
Biteserangan gigitan dan biasanya akan melemparkan karakter ke lava.
Fire Ballmelemparkan fire ball dan tidak akan menghilang setelah di tanah , dan akan membesar dan beberapa menit kemudian akan meledak , fire ball akan menyerang anggota party secara acak.
Flame Geyser (~40 sec CD ) : 3x  gelombang ledakan di tanah secara acak biasanya pada area inner >outer>inner atau outer>inner>outer lihat gambar di atas , cara menghindarinya yaitu cukup mudah pemain tinggal maju/mundur ke arah tempat aman , karena sebelum meledak akan ada tanda tanah terbakar jadi tinggal maju/mundur ke area yang tidak ada tanda terbakar di tanah.
damage dari flame geyser ini cukup besar , dan juga akan mendorong pemain ke arah lava jika tidak behasil menghindar. Skill guardian force(guardian) & grudge formation (screamer) bisa mencegah pemain terdorong.
Skill baru pada HP x3
StompBoss akan meletakkan kepalanya di tanah dan beberapa detik kemudian melompat , pemain harus ikut melompat karena jika terkena stomp pemain akan terkena damage yang cukup besar dan juga terdorong ke arah lava , ada 2 jenis stomp yaitu 1x stomp dan 3x stom keduanya muncul secara acak . skill ini bisa di block
Skill baru pada HP x2
Magma Wave EX (~60 sec CD) : boss akan memasukkan kepalanya di tanah dan menyebabkan tanah memanas dan lebih terang , hanya area kecil di belakan kepalanya yang aman jadi semua anggota party harus berlindung di sana.
Skill baru pada HP x1
Flame Meteor (~60sec CD):  akan ada peringatan sebelum skill ini dikeluarkan, seluruh anggota party akan di dorong ke arah lava dan juga meteor akan menyejar , jadi seluruh anggota party harus berlari menjauh dari lava dan juga meteor yang berjatuhan ( sama seperti skill ogre di stage TKN hell).  jika terkena meteor otomatis pemain akan terlempar dan terdorong ke arah lava.
karena di stage ini cukup kecil kemungkinan untuk bertabrakan dan terkena meteor dari anggota party lain , oleh karena itu di phase ini seluruh anggota party di rekomendasikan berlari searah sesuai arah jarum jam.
Skill BOSS setiap Hilang  x1 HP
Fire Platforms
di awal stage pasti kalian melihat beberapa buah  platform  di ujung map , dan setelah boss muncul stage akan di kelilingi dengan lava dan platform  menjadi terbakar. dan jika pemain menginjak platform ini kemungkinan besar pemain akan mati.
Tapi setiap boss kehilangan 1x HP bar  boss akan bersembunyi di tanah dan akan ada peringatan kalau area akan di penuhi oleh lava , dan setelah peringatan ke 2 otomatis stage akan di penuhi lava dan pemain harus sudah berada di atas platform yang tidak terbakar
-pada peringatan pertama sebelum lava memenuhi stage platform paling kiri di antara 3 platform akan aman untuk di naiki sedangkan patform di tengah & paling kanan masih terbakar dan tidak boleh di injak
-kemudian pada peringatan ke lava akan memenuhi stage dan platform paling kiri akan kembali terbakar dan pemain harus loncat ke platform yang ada di tengah karena platform tengah tidak terbakar
-setelah 3 detik kemudian platfotm tengah akan terbakar dan pemain harus sudah melompat  ke platform paling kanan
-jika telat melompat  ke platform pemain akan terkena efek burn/terbakar , damage per detiknya cukup besar dan priest tidak bisa menolong karena masih ada di atas platform karena jika mengeluarkan cure relic akan percuma karena cure relic akan langsung menghilang terkena lava yang ada di bawah.
-jangan mengunakan buff yang menambah kecepatan  karakter karena bisa berakibat fatal jika pemain terlalu jauh melompat  dan akhirnya jatuh ke lava.
 tips mudah melewati fire platform
-tidak usah melompat langsung ke platform pertama/kiri ketika warning pertama
-tunggu warning ke 2 & langsung melompat ke platform tengah dan pada detik ke 3 kalian bisa melompat/tumble ke platform ke 3
tips :
jika tidak ada cure relic kalian bisa alri ke arah air yan di keluarkan monster di sekitar boss untuk menghilangkan efek burn/terbakar
Boss di stage ini adalah Storm Ruler Zuul , di stage ini bisa di bilang cukup mudah karena tidak ada mekanisme yang sulit namun serangan boss ini cukup berbahaya karena kebanyakan  tidak bisa di block dan seranganya cukup besar jika gagal menghindar bisa berakibat fatal.
stage Storm Observatory dengan boss Storm Ruler Zuul atau yang biasanya di sebut dengan stage manticore merupakan stage yang cukup mudah karena tidak ada sistem mekanisme yang sulit, di stage ini kalian hanya berfokus untuk membunuh manticore tanpa takut ada jebakan yang berbahaya karena semua serangan berasal dari boss ini cukup mudah untuk di hindari , namun hampir semua serangan boss ini tidak bisa di block dan jika kalian terkena serangn boss ini hampir di pastikan kalian akan knockdown/terjatuh dan kemungkinan besar akan terkena serangan selanjutnya jika tidak segera berdiri. apa saja serangan Storm Ruler Zuul yang harus kita hindari? berikut ini adalah skill-skill dari boss yang harus kalian ketahui :
Boss Skills
Charge : mundur lalu menyeruduk ke depan ke player yang memiliki tingkat agro tertinggi , ketika melakukan serangan ini layar akan menjadi slowmotion. serangan tidak bisa di block
Claw Swipesetelah claw swipe akan ada ledakan susulan , ledakan ini akan menyebabkan arah berjalan/click karakter terbalik , claw swipe tidak dapat di block tapi ledakanya bisa.
Pounce : melompat dan menerkam target , akan mengeluarkan 4 gelombang serangan ke 4 arah setelah mendarat.
Tail Swipesama seperti claw swipe jika terkena serangan ini arah berjalan/click karakter akan terbalik , tail siwpe tidak dapat di block , jangan berdiri di belakang boss karena boos akan otomatis mengeluarkan tail swipe.
Light Balls: boss akan meraung dan mengeluarkan beberapa light balls ke 4 arah dan kemudian ke 4 bola ini akan terpecah lagi ke 4 arah, alian harus berhati2 karena jika terkena karakter akan stun/faint dan seranganya sangat besar, skill ini bisa di block.
Explosive Stompmengangkat kedua tangan  dan akan menyala kuning kemudian boss akan melakukan stomp , setelah stomp akan ada ledakan susulan ke 4 arah  , serangan sangat besar dan tidak dapat di block satusatunya cara menghindarinya adalah ketika tangan nya menyala kuning kalian harus melompat.
Trailing Explosion: setelah kepalanya menyala beberapa saat, boss akan menggoyangkan kepala kemudian akan muncul ledakan yang akan mengejar targetnya serangan bisa di block dengan summon,relic,mirror dll  , setiap ledakan damage sekitar 30k dan ledakan terakhir 100k.
Skills baru pada HP x3:
Fly & Photon Missile (~70 sec CD)melemparkan Photon Missiles dari udara , teruslah berlari untuk menghindari karena jika terkena kalian akan terkena debiff -40% def+attack dan tidak bisa di hilangkan/cure selama  1 menit , setelah selesai boss akan melakukan Diving Stomp ,
Diving Stomp: diving stomp adalah combo lanjutan dari fly& photon missile sebelum stomp boss akan meraung lalu salto di udara kemudian tangannya menyala, saat tangan menyala inilah kalian harus melompat karena setelah tangan menyalah manti akan melakukan diving stomp yang damagenya sangat besar dan akan mengenai semua area dan hanya bisa di hindari dengan melompat . jika tidak bisa melihat manti kalian bisa menghindari diving stomp dengan cara melompat 1 detik setelah boss meraung.
Wind Wall: mengakat kedua tangan dan mengibaskan sayap beberapa detik dan akan menimbulkan tornado di depannya, kemudian tornado akan berubah menjadi 4 wind wall yang bergerak ke depan, jangan berada di depan boss ketika dia melakukan skill ini.
Crescent Wavehowl dan mendorong semua pemain , lalu akan menciptakan beberapa sabit yang akan bergerak ke segala penjuru dari arah boss , serangan ini bisa di block dengan summon atau kalian bisa meloncatinya , serangan tidak bisa di block dengan skill block.
Tracing Tornado (~70 sec CD):  mengangkat salah satu tangan kemudian layar akan menjadi slow motion, kemudian akan menandai 1 target kemudian target akan di kelilingi tornado yang akan menyedot semua pemain ke arah tornado , ahmpir di pastikan jika angota lain tersedot ke dalamtornado akan mati, serangan ini tidak bisa di block. jika gambar mulai slow motion pemain harus berpencar dan tidak boleh saling berdekatan karena beresiko akan terkena tornado jika orang di dekatnya mendapatkan tornado.
Skills baru pada HP x2:
Charged Photon Missilesetelah melakukan photon misile di udara , boss akan mendorong pemain menjauh dari manti, kemudian akan mengeluarkan banyak photon missile dalam 1x serangan sekaligus.
Skills baru pada HP x1:
Sand Storm:boss tidak lagi akan mengelurkan photon missile setelah terbang tapi akan mengelurkan badai pasti dan jarak pandang akan menjadi sangat kecil , saat sand storm buff semua anggota party akan menghilang dan beberapa detik setelah buff hilang boss akan mengeluarkan Charged Photon Missile , setelah itu sand storm aka menghilang dan boss akan langsung mengeluarkan diving stomp.
video guide:

Setelah sukses di stage awal kini player akan masuk pada map yang cukup besar yang di tengahnya ada oasis tempat untuk memulihkan HP&MP , di sini party bisa menentukan stage mana yang akan di selesaikan terlebih dahulu yaitu Barren Mist Garden (phantom flowe ignius) , Storm Observatory (Storm Ruler Zuul) , Mushroom Rock Canyon (Canyon guardian Abdullah) Hazar’s Nest (Sand worm hazar) dan setelah kalian mengalahkan ke 4 boss tersebut 1 tempat lagi akan terbuka yaitu Dragon Shrine(Faithful Worshiper Kajif).
kali ini saya akan membahas stage Mushroom Rock Canyon (Canyon guardian Abdullah), stage ini cukup sulit karena memiliki banyak mekanisme & death trap yang mengharuskan semua player mengetahui semua tentang mekanisme di stage ini karena jika tidak bisa membahayakan seluruh anggota party dan juga boss di stage ini memiliki banyak sekali serangan poison yang cukup mematikan.
Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang stage berikut ini adalah serangan dari setiap boss sehingga kalian bisa menghindari serangannya.

basic skill

Claw Swipe: Frontal area.
Poison Ball: menembakkan poison ball yang akan meninggalkan jejak beberapa detik di tanah jika menginjaknya semua buff akan hilang dan player akan terkena poison status ( damage 30k per tick , durasi 10 detik)
Poison Sting:mengangkat kaki depan kemudian mengibaskan ekornya beberapa kali (tidak bisa di block) kemudian menusukkan ekornya ke tanah yang menciptakan poison pool di tanah sama seperti jejak yang di hasilkan poison ball akan menghilankan buff & menyebabkan poison status jika terkena.
Poison Spinmeletakkan tangan di tanah bebrapa saat kemudian berputar 360 derajat dan akan melemparkan poison ke semua anggota party , akan menghasilkan damage damage 30k per tick ,  serangan ini bisa di hindari dengan menjauh dari tanda hijau di tanah yg muncul di bawah player.
Chargeberputar 360 derajat kemudian menyeruduk ke depan.
Tail Swipe : boss otomatis melakukan tail swipe jika ada yang berdiri di belakangnya, tail swipe menghilangkan buff dan mengakibatkan poison status , DPS di sarankan selalu menyerang dari samping dan dilarang menyerang dari belakang
skill baru pada HP x3
Quake (~50 sec CD) : masuk ke dalam tanah lalu melompat sangat tinggi dan menyebabkandamage saat mendarat , harus melompat untuk menghindarinya.
skill baru pada HP x2
Poison Prison (~60 sec CD) : menyedot lalu mengurung seluruh anggota party  dengan poison wall,  jika menabrak poison wall akan terkena damage yang cukup besar yaitu sekitar 100k, kalian  hanya bisa keluar jika salah satu poison wall  terbuka namun yang sulit adalah kalian tidak akan tahu bagian mana yang akan terbuka karena salah satu posion wall akan secara acak terbuka bergantian oleh karena itu kalian harus berfokus pada 1 arah saja poison wall ini akan terbuka hanya 1 detik saja jika tidak berhasil keluar dalam 8 detik  boss akan meledakkan poison wall dan anggota party yang masih ter perangkap akan mati.
ada beberapa metode untuk menghindari poison prison ini , silahkan lihat video untuk lebih jelasnya



a) cara normal
cara yang paling umum di pakai yaitu menunggu salah satu tembok terbuka lalu melakukan dash,tumble,blink dll agar bisa keluar , atau kalian bisa menyimpan senjata dan berjalan setelah tembok terbuka , namu tidak semudah itu karena di dalam poison prison kalian akan terus di tarik ke tengah boss ,  jadi kalian harus berada pada posisi yang tepat yaitu di depan poison wall tanpa harus menabraknya.
jika ada guardian di stage ini akan sangat membantu , dengan guardian force bisa melindungi anggota party jika tidak sengaja menabrak poison wall , atau telat dash,tumble,blink dll. Pada keadaan normal kalian tidak akan bisa menembus poison wall jika menabrak sedikit saja kalian akan langsung terjatuh dan jika terjatuh tepat di poison wall kalian akan terkena damage 100k terus menerus , namun jika ada guardian force kalian tidak akan terjatuh tapi hanya guardian forcenya yang akan menghilang.
tips penting untuk bisa menghindari poison prison.
• sebelum poison prison usahakan poisi kalian benar jangan sampai tidak tersedot ke dalam poison prison , jika tidak tersedot ke tengah bisa jadi kalian akan tersedot tepat di posisi poison wall yang berakibat fatal
• jika sudah tersedot ke dalam hindari area yang menghadap ke ujungmap/tebing karena kalian tidak akan bisa keluar 
• jangan arahkan pandangan ke arah depan karena di belakang kalian ada boss yg besar,  jika mengarahkan pandangan ke depan kalian tidak bisa melihat poison wallnya karena pandangan tertutup boss, oleh karena itu arahkan pandangan agak ke bawah/tanah .
• posisikan karakter kalian tepat di depan poison wall tapi jangan sampai menabraknya. Bagaimana? jika pandangan kalian tepat mengarah ke tanah , kalian bisa menggunakan nama guild sebagai petunjuk . Pastikan nama guild tepat ada di bawah garis poison wall yang ada di tanah . pada jarak ini kalian bisa keluar daari poison wall dengan blink/dasg/tumble dll.

b) Damage Negation/Reduction dengan skill & buff
sangat tidak di rekomendasikan meskipun sudah ada MR atau skill lainnya , damage dari ledakan poison prison masih sanget besar sekali masih bisa membunuh player , meskipun tidak terbunuh sudah pasti akan terkena poison yang damagenya sangat besar.
c) menghindar jangan sampi tersedot ke poison prison
trik ini hanya bisa dilakukan jika boss berada di ujung map , maka kalian harus berada di ujung mapyang berlawanan dengan boss , jika dia mulai menyedot maka kalian tidak akan tersedot ke dalam poison prison sehingga kalian tidak usah bersusah payah keluar karena kalian sudah ada di luar sejak awal
d) Aerial Evasion
trik ini biasa di lakukan jika cara normal  gagal yaitu dengan cara menabrak poison wall dengan melompat kemudian setelah menabrak poison wall player menggungakan aerial evasion dan berharap berhasil , karena cara ini sangat beresiko dan kemungkinan besar bisa gagal.
E) cancel Poison prison
tehnik ini bisa di lakukan oleh priest dengan menggunakan detonate pada saat yang tepat yaitu:
ketika sudah tersedot kedalam poison prison priest harus mulai menghitung gerakan/goyangan boss , jika tidak terlalu hafal gerakanya kalian bisa menghitung kedipan cahaya hijau yang ada di bawah boss , pada cahaya ke 5 priest harus cast skill chain lightning dan tepat pada cahaya ke 8 harus cast skill detonate, jika takut terlambat melakukan melakukan detonate kalian bisa melakukan detonate di antara cahaya ke 7 dan 8 .  Jika sukses kalian akan tetap terkan damage namu tidak banyak , setelah itu priest harus segera mengeluarkan cure relic karena meskipun sukses cancel poison prison kalian akan terkena efek poison yang harus segera di hilangkan.
berikut ini adalah video tips cancel poison prison:


skill baru pada HP x1
Berserkserangan meningkat 3x lipat
Poison Spin EX (~60 sec CD) : castingnya sam dengan poison spin taapi bedanya , boss akan berputar terus menerus cukup lama sambil melemparkan poison ke tanah , player harus terus berlari menghindari boss karena jika terkena putaran boss damagenya sangat besar
Poisonous Gas and Flowers setiap boss hilang 1x bar
setiap boss kehilangan 1x bar hp di akan sembunyi di dalam tanah dan  akan ada warning 10 detik sebelum seluruh area di penuhi dengan gas beracun yang bisa membunuh anggota party.
4 bunga akan muncul , ketika salah satu bunga di pukul maka bunga akan hancur dan anggota party yang ada di sekitar bunga akan mendapatkan buff khusus yang bisa melindungi  poison gas, dan jika buff dari bunga pertama akan habis kalian harus menghancurkan bunga ke 2 agar mendapatkan buff lagi , ulangi sampai bunga ke 4 kalian akan bisa hidup sampai boss keluar lagi .
buff dari bunga hanya 4 detik , jadi saat buff menunjukkan angka 0 kalian harus sudah ada di bunga selanjutnya dan menghancurkannya
ke 4 bunga yang muncul posisinya akan berbeda jadi anggota party harus berkumpul dan mengikuti tanda dari 1 orang yang di tunjuk sebagain penanda di bunga mana kalian harus berkumpul. berikut ini adalah poisi & urutan bunga yang harus kalian hafalkan.
bunga sangat gampang hancur , oleh karena itu di rekomendasikan kalian tidak menggunakan skill apapun ketika berlari , misalnya skill rocket jump dari engginer akan langsung menghancurkan bunga oleh karena itu direkomendasikan kalian harus berlari normal ketika berkumpul di bunga
skill lain yang berbahaya dan tidak di rekomendasikan digunakan setiap pergantian hp bar boss
-lightning relic : jangan keluarkan lightning relic saat pergantian HP bar boss karena jika bunga keluar dan lightning relic belum hilang maka lightning relic akan menghancurkan bunga sebelum waktunya dan otomatis kalian tidak memiliki buff yang cukup untuk bertahan dalam poison gas
-summon bebek/tower dll
-Consecration, Poison Cloud, Flame Road, Laser Cutter, Ice Sphere, Sufi Dancer  dll
setelah kalian selamat di poison gas maka boss akan keluar dari tanah dan mengeluarkan skill quake oleh akrena itu kalian harus waspada dan bersiap untuk melompat ketika boss akan keluar.

1. pada awal stage ini boss akan keluar dari tanah lalu akan meloncat dan saat mendarat akan mengakibatkan damage yang cukup besar, oleh karena itu kalian harus meloncat.
2.DPS menyerang dari arah samping sedangkan MT provoke jangan sampai boss menyerang dps , serangan boss sebenarnya cukup mudah di hindari, seranga sampai boss HP 3x
3. 4 bunga muncul party berkumpul di 1 tempat hancurkan bunga sesuai urutan
4. sukses menghindari poison gas boss muncul&siap untuk meloncat
5. HP boss 3x akan muncul 1 skill baru (lihat guide di atas ) , serang sampai  hp boss 2x
6.  sama seperti no 3&4
7. HP boss 2x hati2 dengan poison prison, selebihnya sama seperti no 2~4
8. HP boss 1x serangan menjadi 3x lipat
video guide lengkap stage Canyon Guardian Abdullah v2seraph

Di sini merupakan stage yang paling luas di antara stage lainya, di awal stage ini kalian akan di kejar oleh Sand worm hazar dan kalian harus berlari menjauh sampai ke tempat yang di tentukan sebelum waktu habis , boss ini merupakan boss ter besar di antara ke  boss sebelumnya  namun memiliki paling kecil di antara ke 4 boss lainnya, kalian bisa membunuhnya dalam beberapa detik jika DPS kalian tinggi.  Meskipun memiliki hp paling kecil bukan berarti kalian bisa membunuhnya dengan mudah , sebelum bisa menyerang boss kalian harus melewati mekanisme cukup sulit untuk menghancurkan superarmor dari boss dahulu.


Hazar’s Nest adalah stage paling panjang dan luas di antara stage lainya, dalam Hazar’s Nest ini hanya ada 1 monster yaitu Sand Worm Hazar, Sand Worm Hazar merupakan boss paling besar di antara 4 boss lainya, tapi juga merupakan boss yang memiliki hp terkecil, meskipun memiliki hp yang sangat kecil kalian tidak bisa langsung menyerang boss ini , kalian harus menghancurkan superarmor worm terlebih dahulu sebelum bisa menyerang worm secara langsung.
saat pertama masuk stage ini kalian harus berlari ke tempat lain karena kalian akan di kejar oleh boss ini , jika tidak bisa sampai ke tempat yang di tentukan dalam beberapa menit otomatis party akan mati.
sebelum mengejar worm akan mededot semua anggota party kalian harus berlari ke arah selatan/arah bawah mini map , dan hancurkan semua tumpukan batu agar bisa sampai ke tempat yang aman. DI ujung stage ada tembok yang tidak bisa di hancurkan jadi kalian harus mendorong 5 tong ke arah tembok dan kemudian otomatis tong akan meledak jika sudah terkumpul. berikut ini adalah gambaran map stage hazar’s nest.
jika sukses melewati kejaran sand worm party akan sampai ke map luas , di sinilah pertarungan akan berlangsung.

HP boss tidak akan berkurang dengan serangan biasa kalian harus menghancurkan superarmor boss terlebih dahulu, di stage ini memiliki meknisme yang cukup susah karena seluruh anggota party harus tahu tugas masing masing dan harus tahu kapan harus menyarang dengan full dps kapan harus berhenti menyerang.
setiap 60 detik boss akan mengeluarkan pilar , pilar ini bisa di gunakan sebegai peledak untuk menghancurkan superarmor worm jadi kalian harus menghancurkan pilar jika worm ada di dekat pilar. cukup dengan meledakkan 2 pilar(1x pilar mengurangi 45% superarmor worm)  di dekat worm dan sedikit serangan ke kepala boss, akan menyebabkan worm lemah dan jatuh ke tanah di saat inilah kalian bisa menyerang worm dan membunuhnya, tapi worm akan kembali bangun dalam beberapa detik jika kalian tidak bisa membunuhnya. mekanisme ini mirip dengan mekanisme di boss golem ABN saat HP 3x kalian harus menghancurkan armor golem dan saat armor hancur golem akan jatuh dan kalian baru bisa menyerang  nya dari atas.
catatan : jika kalian tidak menghancurkan pilar dalam 1 menit pilar akan meledak dan ledakannya akan menyebabkan damage yang sangat tinggi dan kemungkinan besar akan membunuh semua anggota party.


Hazar's Nest


Basic Boss Skills
Bite & Stompworm akan menyerang karakter yang ada di depanya denga gigitan kemudian akan melompat dan saat mendarat akan mengakibatkan serangan yang cukup besar, untuk menghindarinya kalian harus melompat. setelah melakukan stomp kepala worm akan tetap di tanah selama 4~5 detik sebelum di bangun lagi, di sinilah kalian bisa menyerang kepala boss & mengurangi superarmor worm, namun jika serangan party cukup besar party bisa menghancurkan superarmor worm tanpa harus menghancurkan pilar.
Tentacles Sweep: serangan frontal ke arah depan
Roarworm akan mendorong dan menjatuh kan seluruh anggota party, tidak memiliki damage tapi seluruh summon akan hancur.
Skills baru pada HP x3
Chargemelakukan Charge dengan membentuk lingkaran kemudian maju
Sand Pit Hellsand pit hell hanya akan di lakukan 3x pada saat boss kelilangan 1x hp bar
setelah kalian menghancurkan superarmor boss kalian bisa menyerang boss sampai kehilangan 1x hp bar , dan saat boss terbangun boss akan bersembunyi di tanah lalu mengeluarkan 3 pilar dan menyedot seluruh anggota party, di sini anggota party harus membagis tugas untuk menyerang pilar tapi tidak boleh menghancurkannya, serang pilar sampai hp 50% atau boleh juga kuraang, serang sampai hp pilar 1 ~50 % jangan sampai hancur , lalu biarkan worm menyedot pilar dan meledak dan menyebabkan worm muncul lagi ke atas tanah lagi
catatan : pilar di keluarkan ke 3 arah yaitu arah jam 10, jam 2 dan jam 6 . jika salah satu pilar hancur atau masih tersisa HP di atas 50% , otomatis seluruh anggota  party akan mati. kalian juga bisa menghancurkan langsung pilar tapi harus menunggu pilar berada di poisi mulut worm yang menyedot pilar, tapi ini akan sangat susah di lakukan job dengan serangan jarak dekat karena akan tersedot juga.
Skills baru pada HP x2
Direct Stompakan langsung melakukan stomp tanpa bite
Skills baru pada HP x1
Rolling Attack : boss akan menyelam dan keluar di ujung map dan menggelinding secara horizontal atau vertical melewati tengah map.
tips :
- jika party kalian termasuk low dps , jangan menyerang worm secara langsung karena superarmor akan berkurang sangat sedikit dan sangat beresiko terkena serangan worm, party & dps disarankan menunggu di safe zone yang ada di gambar di atas dan hanya MT yang di tengah map memprovoke worm dan menunggu worm mengeluarkan 3 pilar, safe zone adalah area kecil yang cukup tinggi yang aman dari stomp worm jadi kalian tidak perlu melompat
video guide

Setelah mengalahkan 4 boss awal kalian akan menghadapi boss terakhir sebelum boss utama desert dragon yaitu Faithful Worshiper Kajif , stage ini merupakan stage paling kecil di antara semua stage kalian tidak bisa berlari kemana-mana kecuali menyerang sambil menghindari serangan golem,  selain stage yg kecil mekanisme di stage ini juga cukup sulit bahkan kalian tidak bisa melakukan heal di sini dan semua serangan boss berdasarkan max hp kalian tidak peduli berapapun hp kalian akan berkurang 5~10% setiap terkena serangan dan saat berser di hp bar terakhir sekali serangan hp akan berkurang 50% berarti hanya dengan 2x serangan kalian bisa mati.


inilah boss terakhir yang harus kalian hadapi sebelum kalian menghadapi Desert Dragon. Stage ini hanya bisa di masuki setelah kalian menyelesaikan ke 4 Stage terlebih dahulu.
pada saat pertarungan di mulai golem akan langsung mengeluarkan curse yang tidak bisa di hilangkan dengan cara apapun dan juga ada beberapa mekanisme di stage ini yaitu:
-tidak bisa menggati equip selama pertarungan
-heal skill & potion heal tidak bisa di gunakan di stage ini jadi semua anggota party harus benar benar tahu cara menghindar di sini karena tidak bisa di heal.
-serangan golem berdasarkan persentase max hp tiap char , misalnya MT dengan HP 500k akan terkena serangan 50k per hitnya , sedangkan dps lainnya dengan hp 300k akan terkena 30k per hitnya , setiap serangan berbeda max hp , setiap berkurang 1x hp bar golem akan mempunyaiskill baru yang lebih besar serangannya, karena serangan berdasarkan max hp semua buff yang menambah max hp seperti genie dll tidak boleh di gunakan di sini kecuali benar benar tau timingnya.
-kebanyakan skill boss tidak bisa di provoke dan selalu menyerang pemain yang memiliki agro terbesar
sebelum masuk ke stage ini di rekomendasikan menggunakan set equip  dengan serangan tertinggi, meskipun hp kalian 100k kalian tidak akan mudah mati mati di sini
-misalnya job gladiator menggunakan jade full agi+str tanpa menggunakan  jade vit

guide Desert Dragon nest Dragon Shrine dragon nest indonesia
Basic Boss Skills
Slam : AOE kecil , tidak bisa d block . mudah untuk di hindari dengan evade,tumble dll.
Sweeparea cukup besar, tidak bisa d block . mudah untuk di hindari dengan evade,tumble dll.
Laser Beam:  menembakkan laser kemudian meledak (sama seperti serangan golem ABN)
Tornado (~40 sec CD): memukul tanah menggunakan kedua tangan , kemudian lantai akan berwarna hitam sebelum tornado muncul , menjauhlah dari area hitam maka kalian tidak akan terkena tornado , tidak bisa di block .
Curse (~80 sec CD): akan ada warning muncul di layar, animasi casting sama seperti golem ABN saat akan mengeluarkan laser, golem akan meletakkan kedua tangan ketengah. kemudian setiap anggota party akan muncul aura berbentuk lingkaran seperti poison ring di SDN stage golem, anggota party tidak boleh saling berdekatan
bagaimana cara menghindarinya ?
pada stage ini terdapat segitiga di ujung stage , di sinilah setiap anggota party harus berdiri dan sudah pasti jaraknya aman dan tidak akan saling berdekatan. di posisi segitiga tersebut anggota party yang memiliki serangan jarak jauh bisa melakukan serangan ke boss dengan aman karena saat melakukan curse golem tidak akan menyerang . namun jika ada anggota party yang seranganya jarak dekat mereka juga bisa menyerang dengan maju di dekat golem , namun hanya ada 3 posisi aman dekat golem yang di perbolehkan yaitu bisa di lihat di gambar dengan nomor 6,7,8
Skills baru pada HP x3
Falling Rock Fist (~40sec CD)animasinya sama seperti golem ABN saat mengeluarkan poison wall. kemudian akan muncul 3 lingkaran berwarna kuning , setelah 3 detik akan ada 3 batu yang jatuh di posisi lingkaran , untuk menghindarinya cukup mudah, semu anggota party harus berlari ke ujung map di sebelah kanan/kiri , bisa di lihat di gambar di atas daerah aman yang di tandai dengan titik merah blind spot, di sanalah satu2 daerah aman yang tidak akan terkena serangan.
Triple Slam (~40sec CD)kedua tangan akan bersinar dan 3x memuul tanah , harus melompat untuk menghindarinya. kecepetan serangan akan meningkat saat gome berserk.
Summon Stelaiakan di keluarkan setiap saat pergantian HP bar. Stelai merupakan patung dari ke 4 boss sebelumnya. posisi ke 4 patung akan berbeda setiap spawn , dan kalian harus menghancurkannya sebelum 20 detik. jika tidak patung akan meledak. tapi kalian tidak boleh menghancurkan nya dengan sembarangan karena setiap patung hancur akan memberikan efek yang berbeda, berikut ini adalah efeknya
Scorpion                  Flower                    Worm                Manticore
-scorpion : semua patung akan invincible (tidak dapat di serang )
-flower : heal seluruh patung yang belum hancur
-manticore : memberikan buff attack 2x kepada seluruh party
-worm : menghilangkan seluruh buff party
jadi kalian harus menghancurkan patung scorpion paling akhir jika tidak maka patung lain tidak akan bisa di serang dan akhirnya meledak
-patung flower akan meledak setelah 10 detik sedangkan patung lainnya 20 detik dan juga patungflower ledakanya paling besar karena mungurangi 75% HP  jadi patung flower harus di hancurkan pertama kali
-jadi urutan ideal ketika menghancurkan patung adalah Flower > Manticore > Worm > Scorpion , tapi jika party memiliki serangan yang besar kalian bisa menghancurkan ke 3 patung  bersamaan dan yang terakhir Scorpion.
saat patung meledak akan ada item yang muncul, jika di ambil akan menambah hp , item inilah satu satunya yang bisa mengheal angg9ota party
Berserkgolem akan berserk saat mencapai hp 2x , serangan golem akan semakin besar dan berserk tidak akan hilang sampai golem mati.
Ancient Powergolem akan menggunakan skill ini jika party tidak berhasil membunuhnya dalam 10 menit, serangan golem akan menjadi lebih cepat dan seranganyta akan sangat besar yaitu 50% hp perhit, itu artinya jika golem menggunakan ancient power kalian akan mati jika terkena 2x serangan.
yap cuma itu saja serangan dari golem kalian bisa berlatih di ABN untuk menghindari semua serangan basic dari boss ini.
video guide :

No comments:

Post a Comment