Friday 19 July 2013

Mitos dan Fakta LUCK di Dragon Nest





Sebelumnya, mungkin artikel berikut ini agak berat untuk dicerna, saya akan berusaha membuat bahasa yang seringan mungkin, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan buat agan-agan sekalian yang merasa kalo buka gacha mesti semedi, nempa mesti baik-baikin berlin dulu, ato mungkin sebelum loot mesti guling-guling dulu. Apa sih yang berpengaruh disaat player melakukan loot, enhance, dan judi gacha?
Di dalam ilmu komputer, ada sebuah istilah yang dikenal dengan Psuedo-Random Number Generator, yaitu teknik yang digunakan untuk menghasilkan angka secara random. Namun kenapa disebut Pseudo? Karena di dalam ilmu komputer, tidak ada sesuatu yang tidak pasti, sehingga kita tidak bisa membuat sesuatu yang benar-benar random, karena itu program akan mengkondisikan suatu keadaan dimana angka yang dirandom terlihat acak.
Pseudo-Random Number Generator
Bagaimana sebuah program mengkondisikan angka acak? Tentu saja, kita tidak bisa mengetahui algoritma seperti apa yang digunakan oleh developer game DN, tetapi agar agan-agan sekalian tau contohnya, algoritma PRNG yang biasa saya pake adalah mengambil
"waktu" yang tercatat di komputer. Waktu yang tercatat di komputer, jelas setiap detik beda. Untuk meng-generate angka 0-100, saya akan mengambil per-seribu-detik dari waktu komputer dan melakukan MOD agar hasil generate tidak keluar dari range 0-100. Setiap kali kita meng-generate, pasti hasil yang dikeluarkan kemungkinan besar berbeda, karena waktu jalan terus dan tidak berhenti. Masi banyak teknik PRNG lain yang tidak akan dijelaskan di bagian ini :3
Looting
Looting barang di dungeon sudah jelas terlihat menggunakan salah satu teknik random. Anggap saja ada jejeran angka 0-100 (karena max loot itu 100), akan ada pointer yang menunjuk satu angka misalnya 0 dan bergerak ke 1,2,3,4 (bergerak secara 1 arah) dan seterusnya. Kecepatan pergerakan pointer ini SANGAT cepat (hitungan per-seribu-detik). Setelah player menekan "yes", maka pointer akan berhenti disatu angka. Bisa dicoba dengan menekan yes bersama teman dengan beda waktu 0,01 detik.
Enhance
Untuk enhance, sesuai dengan chance masing2 plus dan rarity dari equipment tersebut. Untuk garis besar, silahkan cek tabel dibawah
0->1 angka 1-100 success
1->2 angka 1-100 success
2->3 angka 1-100 success
3->4 angka 1-80 success
4->5 angka 1-60 success
5->6 angka 1-50 success
6->7 angka 1-45 success
7->8 angka 1-40 success
8->9 angka 1-35 success
9->10 angka 1-30 success
10->11 angka 1-25 success
11->12 angka 1-20 success
12->13 angka 1-15 success
13->14 angka 1-5 success
14->15 angka 1 success 
maksud tabel diatas adalah, saat +0 ke +1, jika pointer menunjuk angka 1-100 maka enhance akan sukses. Begitu seterusnya. Tabel diatas adalah gambaran bagaimana kemungkinan seseorang dalam menempa barang. Loading bar pada saat menempa TIDAK menunjukan hasil tempa kalian, mau disesuaikan bunyi "clang clang" dengan gambar ketok palu diatas, ataupun di cancel-cancel terus. Tetapi loading bar mempengaruhi waktu pointer angka tersebut untuk menentukan hasil yang di random. Bingung? Berikut penjelasannya.
Waktu untuk tiap rarity dalam menentukan angka berapa yang keluar kira-kira
Normal/Magic -> 2 detik
Rare -> 5 detik
Epic -> 8 detik
Untuk enhance, pointer yang bergerak tidak hanya satu arah (kalo yang loot, dia bergerak SELALU dari angka kecil ke angka besar), enhance bisa saja dari 25, dia bergerak ke 24,23,22,21 dst atau malah ke 26,27,28,29 setiap kali masuk ke menu enhance. Hal ini membuat enhance semakin SULIT untuk diprediksi.
Namun beberapa waktu lalu saya sempat share (di comment sih), tips trik cara menempa. Jika kalian sudah mengerti materi diatas, berikut logika dan penjelasan dari trik tersebut.
Trik enhance
Siapkan 2 equip yang sama untuk ditempa, tempa sampai +6, lalu keluar dari menu berlin, bicara dengan berlin, enhance salah satu equip, kalau gagal keluar lagi, kalau berhasil tetap keluar, bicara lagi, dan lakukan enhance lagi. Jika berhasil ke +7, lakukan hal yang sama, keluar lagi, bicara lagi, enhance lagi. Setiap melakukan enhance, keluar lalu bicara dengan berlin lagi.
Penjelasan
Pergerakan Pointer untuk random number generator, berubah setiap kali kita berbicara, anggap saja pointer awal menunjuk 20, saat kita klik enhance, maka pointer akan bergerak (anggap saja ke atas) dan jatuh di 70 yang mana untuk +6 ke +7 butuh angka antara 1 - 45, jadinya gagal. Jika kita mereset pergerakan pointer, maka yang tadinya pointer bergerak ke atas, sekarang bergerak kebawah, perubahan pergerakan pointer ini BISA membantu meningkatkan kemungkinan sukses, namun tetap saja, karena kita tidak bisa melihat angka apa yang keluar dan bagaimana kecepatan pointer tersebut bergerak, kemungkinan gagal akan pasti ada.
Itulah sedikit penjelasan logis untuk hal-hal berbau LUCK di Dragon Nest, jadi jangan ada agan-agan yang baru main DN ataupun sudah pro yang mau bersemedi sebelum enhance ke +13 :v
*cheers!*

4 comments:

  1. Itu harus bener-bener sama equipnya? misalnya mau +in totem harus ngorbanin equip totem yang lain juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja sih seperti itu kalo banyak gold hehehe, tapi kayaknya bisa pake pake equip rare, misalnya equip baju epic mo dinaiikin/enchance, jadi equip baju rare yg kita jadiin korbannya. tapi ya kembali lagi itu hanya factor luck aja nggaa 100% berhasil. Sebenarnya masih banyak lagi Gosip/Mitos yang berkembang dalam meng enchance equip. nanti aku share lagi deh ^_^.

      Delete
  2. Oke dehh.. share lagi yakk ^_^

    ReplyDelete
  3. bagus banget gan postingannya ^^

    ReplyDelete